top of page

KENALAN WITH MBAK VICKA, SI KEREN YG AKAN KULIAH DI UNIVERSITAS TERBAIK AUSTRALIA



 


Biasa dipanggil Vicka dan sekarang merupakan mahasiswi semester 6 (semangat ya mbak vicka! >,<)



duhhh siapa si yang gatau Universitas ini?!! merupakan salah satu Universitas terbaik di Australia bahkan dunia. Universitas ini sudah berdiri sejak 1853 loh! keren banget kan?!!


Dari kecil aku emang punya cita-cita untuk bisa studying abroad, jadi aku sangat tertarik dengan program MBKM IISMA yang baru diadakan mulai dari tahun 2021 ini. Menurutku emang awalnya info mengenai IISMA tuh agak minim di FAD, jadi aku sempat telat dan baru berkesempatan daftar tahun ini meski sebenernya udah bisa daftar mulai dari semester 4. Jadi disini aku sekalian mau infoin untuk kalian yang berminat studying abroad, jangan lupa buat sering-sering cek instagram International Office UPNVJT karena mereka banyak ngasih info seputar IISMA dan student exchange lain juga yang sangat bisa kalian manfaatkan untuk mendapatkan international exposure!


buat persiapan, jujur aku sendiri merasa kayak aku agak underprepared untuk daftar IISMA hehe karena pada saat pendaftaran itu aku masih ada banyak kegiatan yang padet banget, contohnya magang dan juga kepanitiaan. Di tahap persiapan pendaftaran ini tuh bantuan dari IO sangat penting buat aku, karena kalau saat itu aku yang harus ngurus surat kesana kemari sendirian kayaknya juga ngga bakal kuat so here i'm giving a big heads up to IO UPNVJT!


Setelah tau kalo lolos, pastinya aku bersyukur banget & sangat sangat berterima kasih sama orang-orang terdekat aku yang udah support dari awal sampe akhir. Mama, adek, pacar, dan temen-temen aku semuanya berperan besar dalam proses aplikasi IISMA kuu and i can never thank them enough for the neverending support<3


Menurutku sendiri ada 2 faktor yang paling penting dari orang yang mau berkembang. Yang pertama, faktor internal dari diri sendiri. Bisa dibilang kaya punya kemauan tinggi dan konsistensi, kalo yang kedua itu faktor eksternal dari lingkungan sekitar, jadi i would suggest that you should surround yourself with people that has positive energy and also is supportive of you trying to reach your goals.




bottom of page